Persiapan Pernikahan (1)

Monday, December 15, 2008, 22:37 in Sumpah Ini Serius - 26 Comments

Berapa kali udah ya saya posting saya mau nikah, tapi kapan nikah nya gak jadi jadi, jangan sampe ini jadi posting yang kesekian dan tetep gak nikah2.

Iya saya pengen nikah, sebenernya udah pendaftaran buat calonnya udah dibuka dari taun 2002 (sebelum masehi tapinya) dan pendaftarnya juga cuman satu itu ajah, yang laennya kalo gak gue disiram aer cucian beras ya dikirimin balik surat undangan nikah sama cowo lain (ya poppy mercury – surat undanganku), kalo gak gitu dikirim daftar primata penghuni ragunan kumplit dengan status sudah janda atau engga. Dan primata janda terlihat sangat menggoda, mereka terlihat sangat well educated dan BLAK BLAKAN! literally.

Sebenernya saya juga sudah minta sama bapak mertua saya yang dulu keliatan seram sekarang ngga kok pak, saya tulis gitu karena saya tau bapak diem2 suka baca blog saya.

Karena buanyak hal nikahannya insya allah baru akan dilakukan taun depan *heh ojok gumuyu dewe, jangkrik aku ngetike yo karo gumuyu dewe*. Tanggal berapa ? nah itulah, bulannya sih sudah ketemu, tanggalnya masih diitung lagi pemirsa, seperti biasa kawinan adat jawa itu butuh perhitungan yang kalo dilakukan oleh manusia dengan batas kesabaran seperti saya ini bikin mencret.

Saya kasih bocoran ya :

Ada 4 cara penghitungan perjodohan dalam jawa

  • Cara penghitungan jodoh menggunakan panca :
    • Saya lahir Minggu, Pasaran Pon, si diajeng lahir Senin Pasaran Pon.
    • Minggu itu neptu (nilainya) 5, Pasaran Pon itu nilainya 7, total nilai saya = 12.
    • Senin itu 4, Pasaran Pon itu 7, total nilainya diajeng = 11.
    • Nah jumlah nilai weton kita berdua ini dijumlahkan lagi 12+11 = 23.
    • Jumlah total dibagi 5, sisanya adalah 3 pemirsa
    • Yang mana tiga itu maknanya jelek, 3 = Lara (sakit2an)
  • Cara penghitungan jodoh salaki :
    • Tetep pake perhitungan pasaran juga sama seperti diatas berarti nilai total = 23
    • Nilai total dibagi 10, kalo sisanya lebih dari 7 dibagi 7, karena dibagi 10 sisa 3 maka yg dipake = 3, nilai 3 itu adalah satriya wibawa yang artinya mendapatkan keluhuran dan kemuliaan
  • Cara penghitungan jodoh ketiga (gak tau namanya apaan)
    • neptu dari masih2 calon dijumlahkan dikurangi 9
    • jadi saya : 7 + 5 = 12 dikurangi 9 = 3
    • diajeng : 7 + 4 = 11 dikurang 9 = 2
    • 2 dan 3 : salah seorang cepat wafat (ngemut terong 2 kwintal)
  • Ada satu lagi yang penghitunganya dianggap paling sukses (sukses dalam arti biasanya mendekati kenyataan berdasarkan cerita dan riwayat purba sebelum kita manusia jadi gulali dinosaurus), yaitu dengan cara menjumlahkan tahun jawa, bulan jawa, + neptu yang mana gak akan saya post, karena tak tanggung sampeyan semua mencret beneran kalo baca. Intinya sih kita katanya masih terselamatkan *oh yes* terselamatkan terdengar sangat tidak meyakinkan.

Ya memang ribet, tapi ini budaya dan sepanjang bisa diselaraskan dengan agama dan saya cinta jawa gpp deh. Dan pemirsa ini masih ngitung tanggal apakah kita berdua cocok dan kalo gak cocok gimana penolak balanya, seperti yang bisa diliat sendiri ramalan jawa akan kita berdua gak ada bagus2nya.Yang mana yang paling baik? saya sih ngambil bagus2nya, kalo ada jelek2nya saya gak percaya, gampang to, jangan sampe yang jelek2 jadi subliminal message ngendon diotak lama2 malah bisa jadi beneran.

Nah belum ngitung tanggal yang cocok buat nikahnya biar menolak bala2 diatas itu, ntar deh diposting lagi ini berseri dan akan sangat panjang, seperti prosesi kawinan adat jawa itu, panjang sekalihhhhh, seperti :

  1. Kegiatan Pra Perkawinan :
    1. Congkok Nakekake (minta keterangan mengenai anak yang akan dilamar)
    2. Nontoni (memperkenalkan calon istri-suami)
    3. Lamaran
    4. Meningseti(menyampaikan tanda pengikat)
    5. Serah-serahan (penyerahan tanda pengikat)
    6. Upacara kirim doa
    7. Kotek’an
    8. Upacara pasang terob
  2. Prosesi upacara pernikahan
    1. Sebelum Ijab
      1. Beras tumpeng
      2. Putus benang
      3. Pati tumper
      4. Siraman
      5. Midodareni
      6. Langkahan
    2. Sesudah Ijab
      1. Panggih (bertemunya temanten pria dan wanita)
      2. Balangan Suruh (saling melempar daun sirih)
      3. Wijik (mencuci kaki)
      4. Munggah pasangan
      5. Pangkon (timbang bobot)
      6. Asrah Kaya (memberikan sejumlah uang kepada temanten putri)
      7. Dhahar klimah (saling menyuapi nasi)
      8. Sungkeman (mohon doa restu orang tua)
  3. Kegiatan post perkawinan :
    1. Upacara sepasaran
    2. Upacara selapan

Itu yang saya tahu, detailnya bisa 3 kali lebih panjang kali. Saya tahu karena karena saya pernah nikahin adik saya :), hehehe iya saya pernah jadi wali pengganti bapak. Makanya sudah merasakan yang namanya timbang bobot mangku dua pengantin yang montok dan berbaju adat jawa + kesodok riasan penganten pas sungkeman.

Percaya deh, kalo jadi wali nikah dan pake adat jawa hal yang pertama kali sampeyan harus waspada adalah, JANGAN NUNDUK TERLALU DALEM, BEWARE SAMA MAHKOTA PENGANTIN WANITA!

Gak percaya saya pernah jadi wali ?

  • btw yang di foto 1, itu adek keponakan, kakak pertama, saya dan si penyu
  • foto yang kedua, saya sama emak

Percayalah walo itu cuman pake adat 1/2 jawa, maksutnya gak semua prosesi diikutin dan gak pake baju dodot tapi capeknya setengah mati.

Betewe, kenapa yang ngotot pake adat jawa pas nikahan + tetek bengeknya justru saya dan bapak mertua loh, karena apa? nguri nguri budaya 😉 selain cinta jawa saya juga pengen merasakan dan sedikit melestarikan, semoga sih kecapai. Amien.

*ngelirik

You can leave a response, or trackback from your own site.

26 Responses to “Persiapan Pernikahan (1)”

  1. aprian said on Monday, December 15, 2008, 22:48

    Loe nikah? … hmmm … tukang nasi goreng pada libur donk.

    *damn basi gini komennya*

  2. udhien said on Monday, December 15, 2008, 22:49

    Dod, itu foto-foto karnaval kampung memperingati 17 agustusan ya ? bagus bener kostumnya….hahaha

    btw, nikah 09.09.20099 sajah, tapi siap-siap saja banyak yg gak dateng karena bingung mo ngedatengin nikahan siapa yg pada hari itu bisa jadi ada lebih dari 3 undangan hihihihihi

  3. penyu said on Monday, December 15, 2008, 22:54

    mintak foto2 yang lain dong… XD

  4. Q said on Monday, December 15, 2008, 22:59

    semoga kecapai dan gak kecapkean …

  5. JS said on Monday, December 15, 2008, 23:58

    🙂 Nyokap loe cantik, loe nurunin kecantikan beliau 😀

  6. bisri said on Monday, December 15, 2008, 23:59

    wah Alhamdulillah .. 🙂 , eh itu sudah nikahan apa belom sih Dod foto-fotonya , masih gak faham aku …, atau itu poto-poto lamaran ?

  7. Doddy said on Tuesday, December 16, 2008, 0:12

    @apri : injek2
    @udhien : hahaha monyong, itu foto nikahan adik gue, gak bulan 9 tenang ajah
    @penyu : di aku dikit nyu, banyakan di virna
    @Q : amien amien,…
    @JS : ini posting keberapa gue merit ? :))
    @bisri : itu foto2 nikahan adek ku mas 😀

  8. celpi said on Tuesday, December 16, 2008, 0:43

    kapan jadi acaranya? disiapin teruus yaak 😛

  9. udhien said on Tuesday, December 16, 2008, 1:01

    hahaha di skak mat sama celpi tuh hahahah… **baca sambil ngakak**

  10. achill said on Tuesday, December 16, 2008, 1:33

    alhamdulillah… semoga selamat sampai tujuan 😉

  11. deku said on Tuesday, December 16, 2008, 5:35

    akhirnya …
    neng ndi rencana acarane ? ngalam ?

  12. h454n said on Tuesday, December 16, 2008, 11:20

    trus kapan nikahnya ?

    acara di ngalam kan?

  13. Uwi said on Wednesday, December 17, 2008, 6:51

    Kalo jadi merit, undang gue ya. Insya Allah gue dateng *kalo pas gue ga lagi jadi MC atau jadi wedding singer*

  14. snydez said on Wednesday, December 17, 2008, 20:33

    lestarikan doddy!

  15. Nindya said on Friday, December 19, 2008, 13:39

    Ajib. Males ngeliat cara ngitung primbonnya iku. Hih.

  16. nacosu said on Monday, December 22, 2008, 11:54

    hey duh poto bannernya yg lagi merokok asik nya he he .. met ngokar yeee

  17. alfa said on Friday, December 26, 2008, 0:38

    kabari kami sebulan sebelum hari h, we’re storming turen!

  18. Yulia said on Tuesday, December 30, 2008, 8:18

    hahahahhahaa….
    jadi kapan?

  19. Ifa said on Tuesday, December 30, 2008, 10:26

    Busyeet.. ngitungnya ribet bener

  20. caressa said on Tuesday, January 6, 2009, 8:55

    wes siap tenan tah mas……

  21. ella said on Tuesday, January 13, 2009, 1:14

    cumi…………..selamat menempuh hidup baru,,,
    smga lancarrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  22. herna said on Tuesday, February 3, 2009, 9:24

    Ahaaay, akhirnya menikah jugaa…

  23. JerryPeter said on Thursday, February 5, 2009, 10:17

    Gw masih realisasi posting ini =D
    Semoga lancar dot

  24. huda said on Friday, February 12, 2010, 11:47

    mas,kalau sisa 3 itu bukan lara tapi papan atau omah,yg lara/sakit2an itu kalau sisa 4.yg paling parah kalau sisa 5 alias pati.mas ini gimana sih ngitungnya ? sambil merem ya ? aturan dah baku kok diubah2 ? heheheheh.sori lho cuma kritik campur sambal pedas !

  25. es.duren said on Monday, February 22, 2010, 0:23

    hedeuhh capeknya jadi orang jawaaa..T_T

  26. guritno agus ,tolong di sms di 087851222479 said on Sunday, February 9, 2014, 10:50

    Saya mau nanya,dalam waktu dekat saya mau nikah ,calon saya kemis pahing dan saya jumat pon,hasilnya apa ya?apa hasil perhitungan,saya sangat awam,tolong di sms di 087851222479,saya minta tolong sekali

Leave a Reply